Nama : fitria ramadhani
Npm 10508086
URL :
www.fitrii.blogspot.com
Kelas : 4pa09
Tugas1
Sistem
Informasi Psikologi
·
Pengertian Informasi
Informasi adalah
data yang telah diproses menjadi sesuatu yang berguna (Sukamto,2011). Sementara
menurut Agungsr (2011), informasi adalah data yang telah diproses menjadi
bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai
yang bermanfaat.
Berdasarkan pengertian
dari informasi yang telah dikemukakan diatas, maka dapat digambarkan bahwa
informasi adalah sebagai berikut
Kualitas informasi (Agungsr, 2011)
tergantung dari tiga hal, yaitu informasi harus :
1. Akurat,
berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan yang tidak biasa atau
menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya
2. Tepat
pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh
terlambat
3. Relevan,
berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi
informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda
Dari seluruh
definisi informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi adalah kumpulan
data yang telah diolah sedemikain rupa menjadi bentuk yang lebih berguna dan
dapat dipahami bagi penerimanya sehingga dapat menambah atau meningkatkan
pengetahuan.
·
Bagaimana pengertian informasi sehingga dapat berinteraksi
dengan system
Menurut Gerald
(dalam Agungsr,2011) sistem adalah suatu
jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul
bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran
tertentu. Sistem adalah kumpulan komponen/variabel yang terorganisir, saling
berinteraksi , saling tergantung dan terintegrasi (Sukamto, 2011) .
Sistem memilki beberapa
karakteristik, diantaranya :
1. Komponen (elemen)
Komponen dari suatu sistem dikenal sebagai subsistem, dimana subsistem merupakan sistem didalam suatu sistem yang memiliki fungsi sendiri namun terintegrasi dengan sistem lainnya.
2. Boundary
Merupakan batasan antar sistem satu dan sistem lainnya dengan lingkungan luar.
3. Environtment
Merupakan segala sesuatu yang berada diluar sistem yang mempengeruhi operasi dalam sistem.
4. Interface
Merupakan media penghbung antara subsistem dengan subsistem lainnya.
5. Input
Merupakan data yang dimasukan kedalam proses sistem.
6. Output
Merupakan hasil yang dikeluarkan dari proses sistem, dimana didalamnya terdapat keluaran yang berguna (misalnya informasi) maupun yang tidak berguna (misalnya limbah).
7. Sasaran sistem (objective)
Merupakan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai oleh suatu sistem.
1. Komponen (elemen)
Komponen dari suatu sistem dikenal sebagai subsistem, dimana subsistem merupakan sistem didalam suatu sistem yang memiliki fungsi sendiri namun terintegrasi dengan sistem lainnya.
2. Boundary
Merupakan batasan antar sistem satu dan sistem lainnya dengan lingkungan luar.
3. Environtment
Merupakan segala sesuatu yang berada diluar sistem yang mempengeruhi operasi dalam sistem.
4. Interface
Merupakan media penghbung antara subsistem dengan subsistem lainnya.
5. Input
Merupakan data yang dimasukan kedalam proses sistem.
6. Output
Merupakan hasil yang dikeluarkan dari proses sistem, dimana didalamnya terdapat keluaran yang berguna (misalnya informasi) maupun yang tidak berguna (misalnya limbah).
7. Sasaran sistem (objective)
Merupakan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai oleh suatu sistem.
Bila kita
tarik kesimpulan dari beberpa penjabaran diatas maka kita bisa mengatakan bahwa
sistem informasi merupakan sistem terbuka yang menghasilkan informasi dengan
menggunakansiklus:
Input—Proses—Output
Fungsi dari sistem informasi adalah untuk membantu individu atau kelompok untuk melaksanakan aktivitas yang dapat berupa perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan dan pengambilan keputusan.
Input—Proses—Output
Fungsi dari sistem informasi adalah untuk membantu individu atau kelompok untuk melaksanakan aktivitas yang dapat berupa perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan dan pengambilan keputusan.
·
Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Dapat disimpulkan
sistem informasi psikologi adalah suaru sistem yang menyediakan
informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan
untu meningkatkan pengguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap
penelitian, perencana, dan pengelolah
Menurut Bunrch dan Grudnistki (dalam Fatta, 2007) sistem informasi yang terdiiri dari
komponen-komponen seperti perangkat keras, perangkat lunak, database,
telekomunikasi, dan manusia, disebut dengan istilah blok bangunan (building
block), yaitu blok masukan (input block) blok model (model block), blok
keluaran (output block), blok teknologi (technology block) dan blok kendali
(control block). Sebagai suatu sistem blok-blok tersebut masing-masing saling
berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai
sasaranya.
Beberapa pengertin sistem
informasi :
Menurut
Robert A. Leitch sistem
informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial
dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu
dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Tujuan Sistem Informasi :
1. Menyediakan informasi untuk membantu pengambilan keputusan manajemen
2. Membantu petugas didalam melaksanakan operasi perusahaan dari hari ke hari
3. Menyediakan informasi yang layak untuk pemakai pihak luar perusahaan.
·
Bagaimana penggunaan sistem informasi dalam psikologi
Psikologi adalah ilmu yang luas dan ambisius,
dilengkapi oleh biologi dan ilmu saraf pada perbatasannya dengan ilmu alam dan
dilengkapi oleh sosiologi dan antropologi pada perbatasannya dengan ilmu
sosial. Beberapa kajian ilmu psikologi diantaranya adalah
1. Psikologi perkembangan
Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari perkembangan manusia dan
faktor – faktor yang membentuk perilaku sejak lahir sampai lanjut usia. Psikologi
perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial.
2. Psikologi sosial
Mempunyai 3 ruang lingkup yaitu :
- Studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu
- Studi tentang proses-proses individual bersama
- Studi tentang interaksi kelompok
3. Psikologi kepribadian
Bidang studi psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam
menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
4. Psikologi kognitif
Bidang studi psikologi yang mempelajari kemampuan kognisi.
Contohnya
: kalau lagi mau dateng kesuatu tempat yang baru pertama kali kesana terus kesasar terus nanya sama orang sambil
ditunjukin jalannya kadang suka lupa lagi belok kiri apa kanannya
Tugas 2
Arsitektur komputer
& Stuktur kognisi manusia
·
Pengertian arsitektur komputer
Arsitektur
adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Arsitektur mencakup, merancang,
dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai perencanaan kota,
perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga desain bangunan, desain
perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses
perancangan tersebut.
Arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan
deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari
dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
·
Struktur kognisi manusia
Kognisi
adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses
berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah
memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas
mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan
berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan
atau inteligensi. Bidang ilmu yang mempelajari kognisi beragam, di antaranya
adalah psikologi, filsafat, komunikasi, neurosains, serta kecerdasan buatan.
Kepercayaan/ pengetahuan seseorang tentang sesuatu dipercaya dapat memengaruhi
sikap mereka dan pada akhirnya mempengaruhi perilaku atau tindakan mereka
terhadap sesuatu.
Struktur kognisi terdiri dari 2 kata, yaitu struktur dan kognisi.
Menurut Piaget, struktur disebut
juga scheme (skemata/Schemas). Struktur & organisasi terdapat di
lingkungan, tapi pikiran manusia lebih dari meniru struktur realita eksternal
secara pasif. Interaksi pikiran manusia dengan dunia luar, mencocokkan dunia ke
dalam “mental framework”-nya sendiri. Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur kognisi
manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain
yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema.
Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian -bagian tubuh manusia yg
menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan untuk struktur kognisi
arsitektur computer adalah suatu unsur yang saling melengkapi, tetapi tidak
sekompleks struktur kognisi dari manusia, karena struktur kognisi arsitektur
terdiri hanya dari perangkat keras yang didesain seperti CPU, RAM, Memori,
Procesor.
Dapat disimpulkan perbedaan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer adalah struktur kognitif manusia itu proses berpikir yang terjadi pada diri manusia, sehingga memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. Sedangkan arsitektur komputer yang menciptakan adalah manusia, manusia yang membuat program, manusia yang membuat pola dari sistem komputer itu, sehingga yang memiliki peran utama dari semuanya adalah manusia itu sendiri, dan jika disatukan, maka akan menimbulkan suatu hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan bagi manusia.
Dapat disimpulkan perbedaan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer adalah struktur kognitif manusia itu proses berpikir yang terjadi pada diri manusia, sehingga memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. Sedangkan arsitektur komputer yang menciptakan adalah manusia, manusia yang membuat program, manusia yang membuat pola dari sistem komputer itu, sehingga yang memiliki peran utama dari semuanya adalah manusia itu sendiri, dan jika disatukan, maka akan menimbulkan suatu hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan bagi manusia.
·
Kaitan antara struktur manusian dan arsitektur computer
Manusia dalam mempermudah
pekerjaannya, melakukan berbagai upaya pengembangan teknologi untuk berbagai
bidang aktivitas dan kebutuhannya. Dewasa ini teknologi yang mampu mempemudah
pekerjaan manusia baik dalam bentuk pekerjaan yang mengandalkan kontribusi
langsung dengan kemampuan berpikir (mengolah data dll), juga pekerjaan yang
berhubungan dengan tenaga (pemograman mesin produksi) adalah komputer. Komputer
dapat menyimpan dan memproses data sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yaitu
manusia. Perbedaannya adalah pengetahuan yang ada dalam otak manusia merupakan
hasil dari proses perkembangan kognitif manusia tersebut. Pengetahuan bagi
manusia dapat digantikan dengan nama program bila pada komputer, dan program pada
komputer adalah hasil ciptaan manusia.
·
Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi, yaitu :
Kelebihan :
1. Struktur kognisi lebih
sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan :
1. Membutuhkan waktu yang cukup lama
2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka
2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan :
1. Membutuhkan waktu yang cukup lama
2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka
Kelebihan
dan kekurangan dari arsitektur computer, yaitu :
Kelebihan:
1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4. Menggunakan teknologi time sharring
5. Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Kekurangan:
1. Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya
2. Harganya sangat mahal
3. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
4. Kerjanya sangat lama
5. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
Kelebihan:
1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4. Menggunakan teknologi time sharring
5. Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Kekurangan:
1. Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya
2. Harganya sangat mahal
3. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
4. Kerjanya sangat lama
5. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
Contoh
dan analisa:
Dari
penjelasan diatas bahwa struktur kognisi manusia lebih baik dari pada
arsitektur computer,kalau kita
menggunakan kognisi manusia otak kita lebih bisa untuk memberi motivasi agar terjadi proses belajar dan
bisa mengoptimalisasikan kerja otak.
http://www.adipedia.com/2011/05/mengenal-sistem-informasi-psikologi.html
http://florensiaangela.wordpress.com/2012/09/30/sistem-informasi-psikolog/
http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar